Blogger Widgets Nikmatnya Gorengan Dengan Campuran Plastik Goreng - Welcome To tyaardit48 Blog's

cookies

Tuesday 26 May 2015

Nikmatnya Gorengan Dengan Campuran Plastik Goreng

 

Setelah heboh beras plastik, kini muncul kehebohan lain yang nyaris serupa. Dikatakan demikian karena objek sorotannya sama, yakni plastik.

"Tetangga saya Pak Sembiring tadi menyuruh anaknya membeli gorengan di kawasan Simpang Kramat. Waktu menunggu pesanan, anak tersebut melihat bagaimana tukang gorengan itu bekerja. Di dalam kualinya yang berisi minyak goreng mendidih terdapat plastik. Diletakkan di dasar kuali dan sudah hampir larut, menyatu dengan minyak," ujarnya.
Meski merasa terkejut, anak Sembiring tersebut tidak berani membatalkan pesanannya. Dia tetap membeli gorengan seharga Rp 5.000. Namun sesampai di rumah, ia memberitahukan perihal apa yang dilihatnya kepada bapaknya.
"Oleh Pak Sembiring, gorengan itu langsung dibakar dengan mancis. Katanya, dia pernah melihat cara seperti ini (membuktikan makanan mengandung plastik atau tidak) di televisi," kata Keliat.
Hasilnya ternyata mengejutkan. Gorengan itu terbakar dan mengeluarkan asap berwarna kehitaman. Dari gorengan juga menetes cairan berwarna hitam.

"Setelah didinginkan, gorengan ini langsung mengeras. Kerasnya beda dibanding gorengan lain kalau sudah dingin. Baunya juga gak enak," ujarnya.
Di kawasan Simpang Kramat memang banyak terdapat gerobak penjual gorengan. Pelanggannya banyak. Selain harga yang sangat terjangkau, gorengan yang dijual di kawasan ini juga terkenal garing.

Apakah kegaringan ini disebabkan oleh adanya unsur plastik? kembali mencoba menyambangi penjaja gorengan tempat di mana anak Sembering membeli jajanan tradisional itu. Namun sayangnya sudah tutup.
kemudian memberi gorengan pada pedagang lain dan setelah dilakukan mekanisme yang sama, ternyata hasilnya tidak jauh beda.
Sidak

 Cara membedakan gorengan mengandung plastik :

1. Gorengan dengan warna mengkilap
Gorengan dengan warna mengkilap berarti digoreng dengan minyak goreng yang dicampur dengan plastik. Hindari membeli gorengan dengan warna kuning keemasan mencolok.

2. Pada gorengan terdapat bercak-bercak putih
Bercak-bercak putih pada gorengan ini berasal dari plastik yang dilelehkan di dalam minyak goreng. Plastik ini lelehnya tidak sempurna sehingga menggumpal dan menempel pada kulit gorengan.

3. Gorengan yang renyah tapi sedikit pahit
Anda membeli gorengan sudah berjam-jam yang lalu tapi masih renyah dan berasa sedikit pahit? Maka gorengan yang Anda beli mengandung kapur yang dicampurkan pada adonan gorengan. Kapur membuat gorengan awet dan tetap renyah walau sudah dingin selama berjam-jam.

4. Gorengan dijual dengan harga yang sangat murah
Bila Anda ditawari untuk membeli gorengan dengan harga yang jauh berbeda dengan yang lainnya maka Anda patut curiga karena bisa saja itu gorengan yang sudah basi atau mengandung formalin sehingga awet hingga berhari-hari.

5. Gorengan berbau menyengat
Bila gorengan berbau menyengat dan memiliki rasa yang aneh maka gorengan itu mengandung terlalu banyak MSG dan penyedap rasa lainnya. MSG dan penyedap rasa tidak baik dikonsumsi dalam kuantitas yang banyak jadi hindari membeli gorengan yang seperti ini.
Ada banyak cara untuk tetap menikmati gorengan tanpa kekhawatiran. Anda bisa membuat gorengan sendiri karena bagaimanapun juga gorengan yang dimasak sendiri akan lebih sehat dan higienis serta tidak mengandung bahan berbahaya.


Simak nih video klik disini

1 komentar: