Blogger Widgets 13 Hal yang Harus Dilakukan Pada Facebook - Welcome To tyaardit48 Blog's

cookies

Thursday 23 June 2016

13 Hal yang Harus Dilakukan Pada Facebook

13 Hal yang Harus Dilakukan Pada Facebook

Kamu pasti sudah familiar dengan kasus penculikan atau bahkan pembunuhan yang bermula gara-gara Facebook. Berbagai kejahatan cyber seperti penipuan dan peretasan pun tak jarang bermula dari Facebook. Makanya, yuk amankan Facebook kamu dari hal-hal yang akan membahayakan keselamatan diri kamu!

1. Buat Kontak Terpercaya

hal-terlarang-di-facebook-8
Jika kamu adalah pengguna Facebook yang sangat aware dengan keamanan data yang kamu simpan di sana, sebaiknya buat keamanan berlapis pada Facebook kamu. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat kontak kepercayaan yang akan dihubungi jika sewaktu-waktu ada yang berusaha nge-hack Facebook kamu, atau saat kamu lupa password. Cara ini pun akan mencegah hacker yang berusaha menjebol Facebook kamu dengan metode lupa password.

2. Jangan Lupa Buat Kontak Pewaris

Soal umur tidak ada yang tahu. Maka dari itu buat kamu yang aktif menggunakan Facebook, cobalah luangkan waktu untuk membuat kontak pewaris guna menanggulangi jika hal-hal tidak diinginkan terjadi pada kamu. Kamu bisa mengatur kontak pewaris dengan cara masuk ke menu Settings - Security di Facebook. 
hal-terlarang-di-facebook-7
Kamu tidak ingin foto-foto, atau status dan data transaksi atau apapun yang kamu lakukan hilang begitu saja ketika kamu menginggal bukan? Maka dari itu segera buat kontak pewaris Facebook kamu. Nantinya kontak pewaris itu bisa mengelola Facebook kamu sebagai akun kenangan, atau bahkan meminta Facebook untuk menghapus akun milikmu jika kamu meninggal.

3. Sembunyikan Alamat Email

hal-terlarang-di-facebook-9
Di era Internet of Things sekarang ini, email menjadi pintu yang menghubungkan berbagai akun milik kita. Beberapa orang menggunakan akun email yang sama untuk berbagai hal penting, seperti akun Facebook, email kerja, bahkan hingga urusan finansial. Untuk menjaga privasi akun-akun milikmu, sebaiknya segera hapus akun email kamu dari profil Facebook.

4. Hapus Nomor Telepon

Semenjak ada WhatsApp dan aplikasi chatting lainnya, nomer telepon bukan hanya sarana untuk SMS atau menelpon saja. Maka dari itu, jika kamu menyimpan nomer telepon di Facebook akan sangat beresiko terhadap adanya tindakan penguntit yang menganggu kamu. Kecuali kamu adalah pengguna yang menggunakan Facebook untuk bisnis, sebaiknya gunakan akun khusus.

5. Sembunyikan Tanggal Lahir

hal-terlarang-di-facebook-2
Menurut hasil survey, banyak pengguna Facebook yang menggunakan tanggal lahirnya sebagai password Facebook. Entah karena tidak ingin ribet-ribet mengingat password yang panjang atau karena apa, bahkan tanggal lahir juga banyak digunakan sebagai password email dan akun-akun lainnya. Untuk mencegah hackermenjebol akun-akun milikmu, segera sembunyikan tanggal lahir lengkap di akun Facebook kamu. Pasalnya kebanyakan hacker akan terlebih dahulu mencoba tanggal lahir sebagai percobaan password pertama saat mencoba membobol suatu akun.

6. Hapus Teman yang Tidak Dekat

Bayangkan jika kamu memiliki ribuan teman di Facebook, apa kamu mengenal dekat mereka semua? Jaka yakin kamu hanya kenal dan berkomunikasi dengan beberapa orang dari mereka saja. Dan apa ada jaminan bahwa orang yang kamu kenal di Facebook itu orang baik? Jika bukan orang yang kamu kenal dekat, bisa jadi mereka ada niat jahat.
hal-terlarang-di-facebook-10

7. Hapus Status Hubungan

hal-terlarang-di-facebook-3
Ngaku deh, dulu kamu pasti bangga banget kan kalo di Facebook mencantumkan relationship di Facebook? Selain udah gak jaman, pamer status relationship atau hubungan di Facebook juga bisa memberikan akibat lain. Seperti memancing stalker, fitnah, bahkan hingga terganggu iklan yang jualan kaos couple atau mungkin baju pengantin.

8. Hapus Alamat Rumah

hal-terlarang-di-facebook-6
Dibandingkan dengan kantor atau kampus, kamu pasti akan menghabiskan banyak waktu bersantai di rumah. Meski kedengarannya klise, tapi menyimpan alamat rumah di Facebook sangatlah berbahaya. Karena bisa jadi ada orang yang tahu alamat rumah kamu akan berbuat jahat.

9. Jangan Chek-in Lokasi Liburan

Pamer foto saat liburan di Facebook emang asyik. Jadi kelihatan kekinian dan gak kurang piknik kan? Tapi sebenarnya tindakan check-in saat kamu berlibur ini bahaya loh. Pasalnya bukan tidak mungkin ada teman baru di Facebook yang kebetulan di lokasi yang sama dan ngajak ketemu. Tapi apa ada jaminan orang itu tidak punya niat jahat?
hal-terlarang-di-facebook-11
Selain itu, misal kamu pergi liburan dan update di Facebook. Orang yang tahu kondisi rumah kamu kosong bisa menggunakan moment ini untuk diam-diam datang dan membobol rumah kamu. Serem kan?

10. Hapus Informasi Tempat Kerja

Kamu mungkin senang bisa kerja di kantor bergengsi, sehingga tak jarang kamu check-in di kantor kamu. Untuk kamu perempuan, hal ini sangat bahaya untuk dilakukan. Dikhawatirkan jika kamu juga sering membuat status pulang malam akan memicu orang tidak bertanggung jawab menguntit kamu dari kantor hingga rumah.

11. Hindari Bahas Kerjaan dan Atasan

Selain informasi tentang tempat kerja, berteman dengan banyak teman kantor atau atasan di kantor sepertinya bukanlah ide baik. Soalnya orang-orang kantor atau bos kamu pasti jadi tahu apa yang kamu bagikan di Facebook. Bisa repot kan kalo ketahuan kamu sering nongkrong atau kelayapan pas hari kerja?
hal-terlarang-di-facebook-5
Udah gitu kamu juga jadi gak bebas kalo mau ngeluh masalah kerjaan. Sebagai contoh, pernah ada kan orang yang dipecat gara-gara status di sosial media.

12. Hapus Informasi Kartu Kredit

Apapun alasannya, jangan pernah menampilkan informasi kartu kredit kamu di Facebook. Baik itu belanjaonline, permintaan keluarga, atau apapun itu. Kamu tidak ingin tagihan kertu kredit jadi bengkak karena digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab bukan?

13. Hapus Foto Tidak Pantas

hal-terlarang-di-facebook-4
Setiap orang bisa menjadikan Facebook sebagai sarana berekspresi. Entah karena mencari sensasi atau karena memang ingin melengkapi koleksi, beberapa pengguna Facebook gemar meng-upload foto tidak pantas atau syur di timeline-nya. Nah, jika kamu punya satu atau dua foto tidak pantas, segera hapus jika tidak ingin hal itu mengacaukan kehidupan profesionalmu.
Itu dia 13 hal yang tidak boleh kamu lakukan di Facebook. Dengan kamu bertindak wajar dan tidak membagikan sembarang hal di Facebook, maka hidup kamu pun jadi aman. Dan lagi jika kamu sembarangan membagikan informasi di Facebook, hal itu juga akan membuat orang lain tidak nyaman, kan?

0 komentar:

Post a Comment