Blogger Widgets Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas XI Semester 2 - Welcome To tyaardit48 Blog's

cookies

Friday 8 July 2016

Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas XI Semester 2

Kunci Jawaban buku K13 Sejarah Indonesia Kelas XI Semester 2 (Uji Kompetensi)

Yoi What's up gaes, Ini hanya sekedar untuk review aja ya, kalau cuma ngandalin browsing di internet kan jadi males baca buku. Mohon digunakan dengan bijak jangan disalahgunakan. 

Halaman 1

1. karena jepang sudah membuat suatu strategi dengan menggunakan keuntungan dari belanda yang sudah menjajah indonesia dalam jangka waktu yang lama , dan jepang menggunakan metode itu dengan cara yang singkat sehingga jepang dengan mudah menahklukan Indonesia.

2. karena Jepang berdalih sebagai Saudara Tua Indonesia dan juga Asia, serta Jepang memposisikan negaranya sebagai Cahaya Asia,Pelindung Asia, Pemimpin Asia yang membuat rakyat Indonesia tertarik dan adanya simpatik.

3.  - Untuk sebagai pusat pemerintahannya
    - Untuk memperkuat wilayah pemerintahannya.
    - Dan kawasan tersebut sangat strategis

4. Untuk memperkuat pemerintahannya dan menghapus pengaruh belanda pada indonesia.

5. Kita tidak boleh mangambil paksa barang/ssuatu dari orang lain yang bukan hak kita.



Halaman 34

1. Menurut pendapat saya organisasi pergerakan yang di bentuk Jepang ini memberikan banyak manfaat bagi rakyat Indonesia khususnya bagi para pejuang kita yang memanfaatkan organisasi ini sebagai wadah untuk mempersiapkan Indonesia merdeka. Lalu model strategi yang dimaksud kooperatif dengan Jepang adalah suatu strategi siasat para pajuang Indonesia yang seperti membela Jepang namun justru tidak memihak sedikitpun pada Jepang. Sedangkan gerakan bawah tanah adalah gerakan rahasia yang mereka lakukan untuk melawan Jepang.

2. Supaya Jepang bisa lebih leluasa mengatur dan melaksanakan pemerintahan. Karena dengan wilayah Indonesia yang begitu luas tidak mungkin pusat pemerintahan hanya berpusat disatu wilayah, pasti di wilayah lainnya akan terjadi kekacauan jika tidak diatur dengan benar.

3.  Semua yang di lakukan oleh Jepang pada awalnya memang mebuat ketertarikan sesaat bagi rakyat Indonesia dalam arti bangsa Indonesia simpati pada bangsa Jepang. Namun dengan berbagai prpaganda " Jepang saudara tua " lambat laun membuat bangsa Indonesia mulai tidak tertarik lagi pada Jepang. Hal ini karena Jepang mulai menunjukkan keaslian mereka saat mulai melakukan Romusha dan menarik hasil alam yang berlebih dari rakyat Indonesia. 

4.  Seperti tujuan utama Jepang membentuk setiap organisasi adalah untuk menyiapkan bangsa Indonesia agar dapat membantu Jepang pada Perang Asia.

5. Tokoh - tokoh Indonesia yang mau duduk sebagai pengurus atau anggota dari berbagai organisasi yang di bentuk Jepang ini belum tentu rasa nasionalisme mereka turun. Belum tentu. Justru karena mereka memiliki rasa nasionalisme yang tinggi maka mereka aktif dalam setiap organisasi yang di bentuk oleh Jepang dengan tujuan untuk membuat Indonesia segera merdeka atau mempersiapkan Indonesia merdeka.


Halaman 52

1. Untuk memenuhi kebutuhan perang Jepang dan industrinya, maka Jepang melakukan eksploitasi terhadap sumber kekayaan alam Indonesia. Hal ini berupa eksploitasi dibidang hasil pertanian, perkebunan, hutan, bahan Tambang, dan lain-lain. Kekayaan alam yang diambil Jepang dari hasil menguras kekayaan alam Indonesia ini hanya untuk kepentingan perang Jepang tanpa memperhatikan kesejahteraan rakyat.

2. Seikeirei adalah upacara penghormatan kepada Kaisar Jepang yg dianggap Dewa, dgn cara membungkukan badan ke arah matahari terbit

3. 

4. zaman belanda hanya untuk anak-anak Belanda dan Eropa dan anak bangsawan, pendidikan anak-anak pribumi diabaikan. sedangkan pada pemerintahan jepang,masyarakat kecil boleh sekolah.

5. Jepang melarang masyarakat Indonesia untuk melakukan segala macam rapat dan pergerakan Indonesia sehingga pegerakan politik di Indonesia menjadi terhambat
romusha juga sangat merugikan Indonesia karena mereka bekerja tanpa di bayar sehingga ekonomi masyarakat menjadi sangat buruk
romusha merupakan kerja yang berat, tetapi upah yang diberikan tidak sebanding dengan pekerjaan dan harga barang-barang kebutuhan
Pelajaran yang dapat dipetik
1. orang Jepang sangat disiplin
2. selalu berusaha untuk tidak gagal
3. bekerja cepat


Halaman 63

1. Pergerakan pada tahun 1930 terinspirasi pada gerakan yang memiliki imbas yang lebih luas dan terasa hingga level nasional, contohnya adlah tulisan Bung Karno di harian nasioanl yang berjudul Indonesia menggugat.

2. Disamping itu setelah konferensi sumpah pemuda, jalur perjuangan tidak lagi semata mata dengan bambu runcing tapi lebih ke arah diplomasi, mencari dukungan dari negara negara sekitar yang juga menderita akibat kolonialisme. 

3. - Pada awal pendudukan Jepang , mengambil dua langkah penting , yaitu pertama menstabilkan kondisi ekonomi yang terlihat dari upayanya untuk menguasai inflasi ekonomi dengan menetapkan patokan harga bagi sebagian besar barang dan menangani dengan keras penimbun barang. Kedua Jepang mengeluarkan aturan produk hukum baru sesuai dengan kepentingan pendudukan Jepang di Indonesia. 
dan Kalau Pemerintahan Belanda Lebih Kejam Dalam Menginvasinya
- selama kurang lebih 350 tahun penjajahan belanda bisa dibilang bertujuan merampok kekayaan alam indonesia, sedang pendudukan jepang lebih mengarah ke ekspansi kekuasaan untuk menu jukan bahwasannya jepang adalah termasuk negara kuat di dunia
peran BPUPKI dan PPKI sangatlah berpengaruh dalam revolusi Indonesia. BPUPKI dan PPKI juga melibatkan bahwa masyarakat Indonesia lebih menganut kepada demokrasi karena dapat melihat sisi lain bangsa atas pendapat yang berbeda yang nantinya dapat dipadukan untuk menciptakan negara yang aman dan sejahtera

4. Kondisi Indonesia sangat buruk, karena penjajahan Jepang lebih keras dibandin penjajahan Belanda. Ribuan bahkan jutaan orang mati saat mereka menjadi romusha. Contohnya pada saat pembangunan jalur kereta api Pekanbaru-Muara Sijunjung, rata rata para romusha mati disana, hanya sedikit romusha yang bisa melarikan diri. Ditambah lagi, para romusha yang ditugaskan untuk membangun jalur kereta api itu berasal dari Sumatra, Jawa, dan juga dari daerah lain di Indonesia, bahkan dari luar negri

5. keuntungan : belanda pergi dari Indonesia, Indonesia diberi kesempatan untuk merdeka.
kerugian : sistem kerja paksa, peraturan yang tidak menguntungkan, dll


Halaman 112

1. mengadakan sidang 
- sidang 1 = tanggal 18 agustus 1945 hasilnya:
a) mengesahkan UUD
b.memilih presiden dan wakil presiden
c.membentuk komite nasional
- sidang 2 =tanggal 19 agustus 1945 hasilnya:
a.membagi wilayah RI menjadi 8 prov dan menunjuk gubernur
b.menetapkan 12 kementrian
- sidang 3 = tanggal 22 agustus 1945 hasilnya:
a.membentuk Komite Nasional Indonesia
b.membentuk Partai Nasional Indonesia
c.membentuk Badan Keamanan Rakyat

2. Sistem kabinet presidensial, sistem pemerintahan ini diambil sesuai UUD1945 yang telah disahkan PPKI namun kabinet ini tdk berlangsung lama karena suasana awal kemerdekaan amat terdesak dengan berbagai keperluan-keperluan sehingga digantikan dengan kabinet parlementer

3. KNIP yg berperan untuk membantu presiden dan wakil presiden dalam mengerjakan pekerjaanya karena pada zaman sebelum kemerdekaan,Badan Legislatif masih belom di pilih oleh rakyat dan masih tidak ada,maka Sidang PPKI menghasilkan kesepakatan untuk membentuk KNIP

Halaman 122

1. "vacuum of power " artinya kekosongan kekuasaan 
"vacuum of power" berarti juga kekosongan kekuasaan,saat jepang yang berkuasa di indonesia,menyerah tanpa syarat kepada sekutu.Sementara sekutu belum datang ke Indonesia

2. Dengan membentuk dasar hukum Negara (UUD 1945)
membentuk PPKI :

Hasil Sidang PPKI 18 Agustus 1945 
- Mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945
- Memilih Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Mohammad Hatta sebagai wakil
- Dibentuk Komite Nasional untuk membantu tugas Presiden sementara, sebelum dibentuknya MPR    dan DPR.

Sidang PPKI 19 Agustus 1945
- Pembagian wilayah, terdiri atas 8 provinsi.
- Membentuk Komite Nasional (Daerah).
- Menetapkan 12 departemen dengan menterinya yang mengepalai departemen dan 4 menteri negara.

Sidang PPKI ke-3 22 Agustus 1945
- Pembentukan Komite Nasional.
- Membentuk Partai Nasional Indonesia.
- Pembentukan Badan Keamanan Rakyat.

3. Pembentukan KNIP (Komite Nasional Indoesia Pusat) bertujuan untuk membantu tugas presiden selama MPR dan DPR belum dibentuk sehingga berfungsi sebagai badan legislatif.

4. karna jepang sudah mengakui kekalahannya dan berjanji pada indonesia bahwa indonesia akan merdeka sehingga mereka tidak bisa berbuat apa apa. Dan tidak ada perintah dari pemerintah jepang untuk melakukan penyerangan.

5. menurut pendapat saya,saya sepakat jika golongan muda mempercepat proklamasi karena disaat itu jepang sedang di serang oleh sekutu. merdekakan secepatnya apabila bisa Kenapa menunda-nunda kesempatan semasih ada.





3 komentar: