Blogger Widgets Dapatkah Oli Mobil Digunakan untuk Mesin Skutik? - Welcome To tyaardit48 Blog's

cookies

Friday 13 May 2016

Dapatkah Oli Mobil Digunakan untuk Mesin Skutik?

Ganti oli mesin adalah perawatan rutin yang hukumnya wajib bagi pemilik skutik. Meski begitu, menentukan oli mesin yang tepat bukan perkara gampang. Terlebih di pasaran begitu banyak merek yang mengklaim sebagai pelumas mesin skutik paling sempurna.

Di sisi lain, ada yang beranggapan pelumas mesin mobil bisa digunakan untuk mesin skutik. Alasannya sistem pelumasan di skutik nyaris sama seperti mesin mobil. Benarkah bisa?
Shofwatuzzaki, Fuels & Lubricants Technical Advisor PT ShellIndonesia angat bicara soal ini.
Dia menjelaskan sebenarnya dalam jangka pendek tidak akan ada masalah. Lebih-lebih, penunggang skutik tak bakal merasa perbedaan saat mesinnya diisi pelumas mesin mobil.
Saat baru diaplikasi juga ‘rasanya’ akan sama saja. Tapi, tegas pria yang kerap disapa Zaki itu, lebih baik hindari mesin skutik dilumasi oli mobil.
”Sebab oli mobil tidak dirancang punya kualifikasi JASO (Japan Automobile Standar Organization-red) MB. Padahal mesin skutik butuh standar dan pengetesan JASO MB tersebut,” katanya.
JASO MB sendiri merupakan suatu fitur untuk mengurangi gaya gesekan pada komponen mesin.
Zaki menambahkan kalaupun oli mesin mobil tersebut ada fitur JASO MB, namun jumlahnya tidak akan sebanyak oli mesin skutik.
”Yang dikhawatirkan penggunaan oli mesin di skutik bisa menimbulkan gaya gesek yang lebih besar,” tukasnya.

0 komentar:

Post a Comment